Menu sehat untuk makan malam

dinnerMakan malam bisa jadi bagi sebagian orang adalah sesuatu yang harus dihindari, entah alasan diet ataupun yang lainnya. Padahal ini hanyalah mitos yang tidak benar. Justru karena waktu malam adalah waktu yang lebih panjang sampai tubuh mendapatkan asupan lagi di pagi harinya berupa sarapan.

Bagi sebagian orang, urusan berat badan bukan hanya nilai kesempurnaan dari penampilan, tapi juga kepercayaan diri. Diet atau mengatur pola makan merupakan alternatif terbaik untuk menyelesaikan masalah ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa cara yang dijalani mustilah cara-cara yang sehat, seimbang nilai gizi, peningkatan aktifitas fisik yang teratur & cukup dan bukan dengan jalan menghindari asupan kalori secara drastis. Karena hal ini justru bisa memberikan efek yang tidak baik.

Penurunan berat badan yang sehat menurut WHO adalah 1 sampai 1,5 kg per pekan, dengan pengurangan asupan makanan sebanyak 500 kalori per hari. Dengan cara menurunkan asupan kalori dengan komposisi nutrisi tetap seimbang ini akan menghasilkan efek penurunan yang lebih stabil.

Untuk melakukan hal ini ada beberapa langkah yang dapat di tempuh untuk memilih menu makan malam sesuai dengan aturan kesehatan. Pemilihan menu yang dikukus, dibakar, dipanggang, atau diasapkan. Cara memasak seperti ini memberikan kadar lemak dan kalori lebih rendah. Utamakan mengkonsumsi buah dan sayuran dalam makanan Anda bisa jadi sumber serat, vitamin, dan mineral. Bila menu sayuran kurang disukai maka sebagai alternatif adalah ikan air tawar ataupun seafood. Alternatif lain untuk menu rendah lemak adalah beef sirloin, serta dada ayam tanpa kulit.

Untuk minumannya, sebaiknya memilih air mineral daripada soft drinks, jus, teh, kopi atau minuman beralkohol.

Jika menyukai adanya hidangan pembuka sebelum makan malam, maka buah merupakan pilihan yang tepat. Sebaiknya buah dimakan 10 atau 15 menit sebelum makan malam agar berefek bagus pada sistem pencernaan.

Langkah terakhir dan yang musti diperhatikan adalah makan dengan porsi seimbang. Jangan membiarkan perut kita terisi makanan sampai berlebihan. Hal ini akan justru bermasalah dengan proses pencernaan yang akan membuat badan kita menjadi tidak sehat. Satu lagi hal yang musti diperhatikan setelah makan malam adalah jangan langsung tidur setelah makan malam karena akan berefek buruk dengan gula darah dalam tubuh. Lakukan perbincangan ringan dengan keluarga sehingga bisa menambah suasana santai dan harmoni pada keluarga kita. Bagi yang masih mempunyai sikecil maka hal ini bisa dijadikan untuk bermain bersama atau bercerita sebelum waktu tidur.

Selamat makan malam bersama dengan keluarga dan bersantai bersama diakhir pekan :-)

About these ads

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: