Membuat rumah tingkat – lantai 2 dengan bahan kayu

Rumah Panggung Kayu bisa tidak musti ada kolong dibawahnya. Dapat dikombinasikan antara konstruksi beton (bata) dengan konstruksi kayu seperti rumah tradisional Betawi. Konstruksi beton/batu bata, bisa diperuntukan sebagaiĀ  pondasi dan dinding KM serta dapur.

Jadi villa tersebut tidak berbentuk rumah panggung, melainkan rumah biasa yang berdinding kayu (kecuali dapur dan KM) termasuk plat lantainya. Kolom-kolom (yang berfungsi sebagai kekuatan konstruksi) dari kayu (ukuran 12/18 cm) diletakkan diatas umpak dari pondasi batu belah. Keindahannya juga tidak berkurang. Lebih jelasnya, lihat gambar dibawah (gambar 1).

Untuk plat lantai atas (lantai 2), gunakan kayu papan lebar 20-30 cm dengan ketebalan 2-3 cm. Papan kayu tersebut diletakkan diatas balok kayu ukuran 8/14 cm untuk bentang s.d 3,5 m dengan jarak antar balok kayu 60 cm (Lihat gambar 2). Gunakan kayu kelas I seperti Kayu Jati, Kamper atau Kruing.

Untuk masalah biaya, agak susah menjawabnya. Yang pasti, biaya villa akan lebih mahal dibandingkan dari pada Anda membangunnya material biasa. Selisihnya bisa 2 – 3 kali lipat, tergantung jenis dan harga kayu yang tiap daerah berbeda-beda.

Disadur dari : http://propertijitu.com/page/cara-membangun-rumah-tingkat-dengan-konstruksi-kayu/

About these ads

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

One comment

  1. Kami memproduksi rumah kayu menggunakan sistem bongkar pasang KnockDown dengan berbagai pilihan model dan ukuran sesuai kebutuhan dan keinginan anda. Dengan pengalaman selama bertahun tahun dan profesionalitas membuat kami terus berinovasi dalam membuat rumah kayu yang berkualitas tinggi, eksotik, kuat dan nyaman.
    visit: http://www.rumahkayu-modern.com
    Hp: 085299981088 / 089675774536
    pin: 228e414f

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: