Menu sarapan yang sehat

Menu sarapan yang sesuai dengan pola makan food combining adalah buah segar. Bisa berupa irisan buah, salad buah, jus, lassi (jus buah ditambah dengan yogurt) atau smoothie (jus buah dibuat agak kasar, dan biasanya dicampur dengan pisang).

salad

salad

Mengapa harus buah ? karena buah menyediakan energi siap pakai, berupa gula buah (fruktosa), yang dapat dengan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh secara efisien, tanpa menguras metabolisme energi. Hal ini sesuai dengan siklus metabolik tubuh di pagi hari ketika tubuh belum siap untuk menjalankan fungsi mencerna ‘makanan yang berat’.

Yogurt dan buah-buahan mudah dicerna, buah segar tidak memerlukan waktu yang lama untuk dicerna oleh lambung, sehingga kita lebih mudah lapar. Setiap dua jam, kita perlu mengkonsumsi lebih banyak buah untuk memenuhi tuntutan lapar dan menjaga konsentrasi gula darah untuk tetap menjaga tubuh agar tidak lesu sehingga tetep bersemangat di pagi hari. Jika perlu, kita dapat mengambil sepiring buah atau jus buah  yang bisa diperkaya dengan yogurt polos yang tidak dicampur dengan pemanis sintetik, pewarna ataupun esens. Selain yogurt, kita juga bisa mengkonsumsi protein hewani seperti telur gorenga dengan tanpa atau sedikit minyak goreng. Komposisi asam aminonya sangat bagus karena protein telurnya dapat dengan mudah dicerna. Hanya saja, dengan telur rebus atau omelet cara penyajiannya  secara terpisah dari mengkonsumsi buah. Buah sebaiknya dikonsumsi 15-30 menit sebelum makan telur. Untuk telur goreng (omelet), misalnya, telur dapat dicampur dengan sayuran, seperti wortel, brokoli, bawang, cabai atau tomat. Selamat menikmati sarapan sehat Anda🙂

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: