Pahlawan Blogger

Dalam dunia blogger istilah blogging for dollar adalah sudah jamak, ada beberapa diantara mereka dalam sehari bisa menghasilkan sampai ratusan dolar dan bahkan beberapa diantaranya sampai ribuan. Pernah mendengar ‘a six figure blogger‘ ? Mungkin bisa jadi agak aneh di telinga kita, tapi pada kenyataannya hal tersebut benar-benar terjadi dan mereka berhasil membuktikannya! Fantastic bukan!

Berikut merupakan tahapan dasar yang bisa dijalani oleh blogger awalan untuk menjadi pahlawan blogger🙂

1. Cari Web Hosting.
Harga murah belum tentu menjadi yang utama dalam pemilihan web hosting yang baik. Kriteria utama adalah dukungan teknis serta kredibilitas dari pemiliknya karena hal ini sangat berpengaruh dalam kualitas operasional keseharian. Track recordnya bisa kita cari dari forum-forum hosting dengan bertanya kepada Om Google atau bisa juga dengan saran dari teman baik kita yang tentunya sudah berpengalaman dalam hal ini.

2. Pakailah WordPress
Paling simple dalam penggunaan serta dukungan teknis sangat banyak. Proses indexing dari Om Google juga lebih cepat dengan menggunakan wordpress.

3. Cari ide penulisan yang mudah dan paling disukai.
Ini hal yang sangat penting, buat apa punya blog tapi susah nyari ide penulisannya, akhirnya akan membawa kita menjadi master CoPas alias tukan copy-paste. BasBang men, alias basi banget😛

4. Buat sitemap & submit ke Google/Yahoo/Bing dll.
Dengan wordpress kebutuhan membuat sitemap sudah tersedia dengan menggunakan plugin bawaanya seperti Google XML Sitemaps, mudah bukan🙂

5. Memulai menulis
Ada istilah bagus dalam hal ini – ‘menulislah dengan hati’ dan perhatikan ‘spelling-grammer‘ nya agar tulisan menjadi enak dibaca yang nantinya akan banyak blogger lain akan me-link tulisan anda. Ini adalah modal utama agar blog kita ‘layak jual’ supaya berbuntut panjang dan banyak keuntungan dari sini – untuk yg satu ini para blogger mania sudah paham lah maknanya :p

6. Bergabung dengan Blog Directories
Ini adalah fase silaturahim sesama bloger. Bergabunglah sebanyak mungkin ke dalam blog direktori dan bertukarlah link/URL dari blog yang kita miliki. Ada 2 pengaruh positif yaitu branding posisi dari blog kita serta untuk mendapatkan ‘incoming link’ ke blog kita untuk mendukung back link bagi blog kita.

7. Manfaatkan jejaring sosial
Buatlah akun pada jejaring sosial yang ternama semisal digg,delicious,facebook,twitter dll. Usahakan untuk submit artikel dalam jejaring sosial tersebut. Efek positifnya adalah meningkatkan traffic serta menghasilkan back link. Namun artikelnya haruslah yang berkualitas agar tidak kena banned :))

8. Belajar menulis yang baik
Semakin bagus kualitas penulisan kita semakin banyak orang yang akan membacanya dan ini adalah berkah bagi kita dan semuanya baik dari segi traffic serta efek ajaib lainnya🙂 Menulis yang baik bisa kita pelajari dari model penulisan para senior blogger lainya. Untuk versi berbahasa inggris bisa merujuk kepada ke Copy Blogger.

9. Menjadi ‘an authority’ pada subyek pembahasan
Ini yang mungkin agak berat dan membutuhkan waktu dari sekian step diatas, tapi yakinlah dan berusaha serta berdo’a bahwa kita mampu🙂 Bila berhasil maka blog kita akan menjadi rujukan dari para pembaca serta blogger lain dan juga bisa mendatangakan back link yang alami dari para pembaca blog kita.

10. Berusaha untuk pantang menyerah.
Selalu berusaha untuk menjadi terbaik serta pantang menyerah adalah yang terberat tapi tidak berarti tidak bisa dilakukan. selalu konsisten dan berkelanjutan dalam posting artikel adalah hal yg wajib bagi seorang blogger untuk menjaga reputasinya. Pompa terus semangat kita. Tanamkan ke hati kita bahwa sharing pengetahuan yang positif melalui blogging adalah berpahala. Uang bukanlah yg utama tapi yang pertama ha..ha.. sehingga urutan yg ke nol adalah pahala – tetep & a must🙂 Uang hanyalah efek positif lain dari hobi ngeblog kita😛 Selamat ngeblog dan jadilah pahlawan blogging, jadikan blog sebagai ladang amal kita untuk meraih kebahagiaan dunia akherat, amiin🙂

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: