MSTSC Console

Sebagai penjaga server enterprise mungkin diatara kita pernah yang mengalami hal demikian, semisal lagi enak-enak bersantai bersama keluarga di luar kota tiba-tiba client/user nelpon kita bahwa ada masalah di jaringan…halah..sebel banget dan basBANG alias basi banget tentunya.

Dan sudah diketahui kebutuhan selanjutnya adalah kita melakukan koneksi remote baik via VPN maupun koneksi langsung ke internet yang tentunya tergantung dengan konfigurasi network kita.

Secara dengan dunia internet kita sudah bersahabat lama barang tentu kebutuhan-kebutuhan gadget tersebut akan kita bawa walaupun tengah berlibur, yang kadang hanya untuk sekedar ngecek email ataupun cari informasi mapping supaya gak tersesat jalan ato sekedar ngecek saldo dari akun paypal kita..ceiileeeee…gaya banget :))

Tapi masih ada lagi kebutuhan kita lainnya terutama bila server piaraan kita ternyata M$ base bukan *Nix base, semisal kita membutuhkan informasi tampilan yang langsung dari console. Nah…tips berikut bisa sedikit memudahkan langkah kita untuk troubleshoot bila kondisi darurat tersebut kita butuhkan.

Dengan menggunakan utility MSTSC/remote dekstop kita bisa melakukan koneksi ke server M$ base untuk melihat informasi yang harus didapat dari console server tersebut. Caranya cukup sederhana, dengan mengetikkan ‘mstsc -v:server_name /console’ tekan enter lalu masukkan user ama passowrd admin kita ….tranggggg…alhamdulillah console sudah ada di depan kita walau kita lagi ada di padang rumput savana🙂

Bagi rekan admin…semoga tips kali ini bisa membantu, atau paling simple lagi jika anda ingin terbebas dari masalah ditelpon oleh client/user maka cukup dengan mem-foward no.hp anda ke no.hp bos Anda…dijamin anda akan bebas masalah dengan client karena besoknya anda tidak lagi kerja ditempat tersebut alias jadi FIRED man ha..ha..ha..ATAU kalau bos nya adalah anda sendiri maka itu akan menjadi DL anda…DERITA LOE juga ha..ha.. just kidding lah…anggap saja hal-hal demikian ladang anda untuk menambah pahala karena membantu orang lain disaat mereka lagi kesusahan dan membutuhkan bantuan kita, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya (alhadist) – OK kan teman🙂

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: