Kemudahan ‘Run as…’

Pada level organisasi dengan jumlah workstation lebih dari 100 buah biasanya dari pihak IT akan melakukan berbagai policy/kebijaksanaan dalam operasional hariannya. Salah satunya yang biasa diterapkan adalah setup user pemakai sebagai user biasa yang tidak memiliki otoritas untuk melakukan instalasi maupun mengubah sistem konfigurasi dari workstation dari user-user nya.

Latar belakang dari penerapan kebijaksanaan ini adalah untuk meminimalisasi masalah yang sering muncul karena issue dari human error. Namun terkadang ini juga menyebabkan ribet pada saat instalasi software/hardware yang musti dilakukan secara manual/langsung pada saat workstation sedang dipakai kerja oleh user.

Secara hal ini sudah menjadi kondisi yang jamak maka pihak M$ juga telah memberikan solusi untuk mengantisipasi kejadian seperti ini. Caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi righ click pada mouse anda pada icon software yang akan dijalankan dengan authorisasi ‘administrator’ agar bisa melakukan instalasi software maupun bisa digunakan untuk konfigurasi hardware. Bila fungsi righ click pada mouse tersebut tidak memunculkan menu ‘Run as..’ maka tips selanjutnya adalah anda musti menekan tombol Shift pada keyboard kemudian secara bersamaan anda lakukan right click pada menu/icon software yang akan menjadi target.

Setelah menu Run as.. muncul maka tinggal kita sorot kemudian setelah keluar menu untuk memasukkan user beserta password yang memiliki otoritas sebagai administrator pada jaringan tersebut.

Fungsi diatas digambarkan dengan target Internet Explorer untuk dijalankan dengan menggunakan user administrator semisal untuk menginstall plugin untuk flash player ataupun fungsi-fungsu lainnya yang membutuhkan otoritas admin, namun pada dasarnya fungsi Run as.. ini bisa dijalankan untuk keperluan lainya dengan software yang lain pula.

Selamat mencoba, sebagai awalan mungkin perlu kesabaran, setelah expert ntar juga bisa sambil chatting-an untuk nge-Run as… ini🙂

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: