Waktu & ritme makan yang baik secara alami

Waktu yang baik untuk makan adalah ketika tubuh telah membutuhkan makanan. Tubuh kita secara otomatis akan membunyikan alarm jika waktu untuk makan telah dibutuhkan, rasa munculnya lapar atau terasa haus ketika tubuh sudah kukurangan cairan. Tubuh kita memiliki ritme alami dalam mencerna makanan. Dalam sehari tubuh memiliki kecenderungan untuk melakukan 3 proses. Setiap proses memakan waktu sekitar 8 jam. Proses ini adalah pencernaan, penyerapan & metabolisme serta membuang produk sisa proses-proses tersebut.

Pukul 12 siang sampai 8 malam, tubuh memiliki kecenderungan untuk mencerna, setelah periode itu, antara jam 20:00 sampai 04:00 tubuh cenderung membuat penyerapan zat-zat terlarut dengan metabolisme intensif. Oleh karena itu, pada jam ini jangan membebani dengan tugas mencerna untuk penyerapan sehingga proses metabolisme dapat berjalan optimal. Dari jam 4 pagi sampai 12 siang, tubuh kita memiliki kecenderungan untuk membuang sampah metabolisme. Oleh karena itu, umumnya di pagi hari kita cenderung untuk buang air besar.

Cara terbaik untuk makan adalah dengan mengikuti irama tubuh alami itu. Tubuh memiliki kecenderungan untuk mencerna pada sore sampai malam. Jadi, itu waktu yang paling pas untuk makan dalam kapasitas besar. energi Beberapa dapat maksimal digunakan untuk proses pencernaan dan proses efektif selama 8 jam.

Berikutnya pada 8 malam sampai 4:00 adalah waktu terbaik untuk pencernaan dan penyerapan makanan yang dicerna baru metabilisme sebelumnya. Karena harus dilakukan sebelum makan malam jam 8 malam, sehingga perut tidak kepenuhan saat tidur yang menyebabkan fungsi pencernaan berjalan kembali.

Di pagi hari, antara jam 4 dan 12 siang, tubuh kemudian melemparkan hasil metabolisme. Untuk itu kita perlu bantuan dengan cara minum cukup, dan sarapan ringan dengan buah. Sarapan menggunakan buah memiliki beberapa tujuan, termasuk untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral, selain bahwa buah tersebut dapat dicerna hanya dalam waktu 0,5 jam. Hasilnya bisa langsung dirasakan oleh tubuh, terasa segar & tidak mengantuk ataupun lemas.

Meskipun tubuh kita secara umum dapat melakukan tiga proses di atas secara simultan setiap saat, tetapi ini tidak baik karena proses alami yang telah dijadwalkan dalam tubuh kita masing-masing per 8 jam sebelumnya bisa lebih lama, karena selama ini kebanyakan dari kita memiliki diet yang tidak mempertimbangkan proses dalam tubuh. Saat siang hari, kita makan siang kemudian tubuh melakukan proses untuk mencerna. Saat malam , badan akan melakukan penyerapan dan proses metabolisme. Di pagi hari, tubuh membuang sampah dengan maksimal, sehingga disarankan jangan sarapan dengan porsi banyak dan makanan berat karena tubuh akan kembali ke proses pencernaan yang akan mengakibatkan proses pembuangan tidak maksimal.

Karena itu jangan heran jika proses ini tidak dapat berjalan secara optimal. Akibatnya pada saat metabolisme, pembakaran tidak sempurna menghasilkan limbah beracun. Karena proses pembuangan tidak berjalan dengan baik, sehingga racun disimpan sisa metabolisme dalam tubuh untuk penyakit potensial.

Oleh karena itu, agar proses pencernaan dapat berjalan efektif dan efisien, penyerapan dan metabolisme juga berjalan dengan baik, maka kita perlu untuk menyinkronkan jenis makanan, komposisi makanan, dan irama tubuh untuk proses ini dapat dijalankan secara seimbang . Dengan cara ini pH tubuh akan mengarah pada kondisi yang seimbang, dan akhirnya tubuh akan berada dalam kondisi yang prima – insyaAllah tubuh akan menjadi sehat.

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

2 comments

  1. hakim

    assalamualaikum wr wb. wah mantap bnget ini Gan..insyaallah bermanfaat terutama bagi yang belum teratur pola makannya…oiya nama buku refrensi artikel ini judulnya apa..?? tks. wsalam wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: