Relaksasi – Kunci untuk hidup sehat

Latihan fisik dikombinasikan dengan diet sehat mungkin membuat tubuh prima, namun masih ada hal yang lebih penting yaitu adanya waktu yang cukup untuk bersantai. Relaksasi bisa memproduksi hormon yang seimbang dalam tubuh. Mereka membantu kita mengurangi efek radikal bebas, yang berarti memperlambat proses penuaan, mempercepat penyembuhan pemulihan pasca operasi, meningkatkan kekuatan paru-paru kita, menyegarkan pikiran Anda dan orang lain begitu banyak aspek positif yang yang bisa didapat dengan relaksasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 15 menit relaksasi sehari-hari dapat membantu dalam menghindari kebutuhan mengkonsumsi tablet penurun tekanan darah. Jadi tidak hanya berolahraga dan diet saja, namun relaxasi adalah yang sangat penting untuk kesehatan. Diet dan olahraga mengurangi tingkat stres, tetapi keduanya tidak dapat sepenuhnya menjelaskan pola pikir emosional kita. Dan emosi negatif yang terutama bertanggung jawab untuk banyak penyakit psikosomatik.

Semisal, memompa besi sampai sakit lengan dan diet ketat belumlah memenuhi kunci untuk hidup sehat. Relaksasi adalah suatu keharusan dalam kehidupan sehari-hari kita. Hal ini sendiri dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Hak dari berkebun untuk bermain catur untuk berlatih latihan mental sederhana, apa saja yang bisa membuat diri kita merasa santai.

Studi penelitian telah mendokumentasikan perubahan positif dalam aliran darah, neuro kimia serta neuro fisiologi dari otak ketika seseorang santai. Aliran darah ke otak meningkat kedalam daerah otak yang berkaitan dengan perasaan yang tenang.

Sebagai seorang muslim, proses relaksasi bisa dilakukan pada saat melaksanakan sholat 5 waktu. Keikhlasan dalam sholat bisa membuat tubuh kita menjadi tenang dan damai. Sehingga aliran darah akan menjadi bagus dan terarah. Waktu terbaik untuk melakukan hal ini adalah disaat sepertiga malam yang terakhir dengan melakukan sholat tahajud. Secara ilmiah terbukti bahwa sholat tahajud membuat kita sehat jasmani & ruhani🙂

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: