Cara mudah meredakan emosi

Bisa jadi hal-hal kecil yang terkadang bisa membuat kita marah/emosi. Bila hal ini sedang terjadi pada Anda, maka tips singkat dibawah ini bisa kita pakai untuk meredakan rasa stress atau emosi sedang tinggi :

  1. Bila Anda seorang muslim hendaknya akan lebih baik step awalnya Anda mengambil air wudlu, selain menyegarkan tentunya akan membersihkan diri kita baik lahir maupun batin.
  2. Letakkan jari jemari Anda atau salah satu telapak tangan di dahi tepat diatas mata Anda (bisa juga sekitar 25 cm diatas alis Anda.
  3. Ambil nafas yang dalam dan masuklah pada perasaan emosi Anda. Tidak perlu langsung membuatnya agar mereda langsung, rasakan perasaan negatif emosi Anda ataupun perasaan yang tidak nyaman yang sedang Anda rasakan sambil menyentuh titik tersebut. Teruslah bernafas mendalam selama 2 atau 5 menit.
  4. Begitu aliran darah kembali ke otak depan, anda akan merasakan denyutan halus pada jari-jari atau telapak tangan anda. Pada waktu yang bersamaan, stress akan terangkat, dan anda akan mulai berpikir lebih jernih dan merekondisi respons anda pada kejadian atau memori tertentu.
  5. Tarik nafas dalam lagi & ucapkan Alhamdulillah…insyaAllah emosi Anda akan mereda secara signifikan.

Aksi ini kadang-kadang dilakukan secara tidak sadar : pernahkan anda melihat anak anda atau orang mengeluh karena merasa sakit dan anda mendapati diri anda meletakkan telapak tangan anda di dahi anda? Atau ketika mendengar berita yang mengejutkan, apakah anda sadar ada meletakkan telapak tangan anda di dahi anda?

Menyentuk titik neurovascular ini berakibat pada sirkulasi darah. Tidak saja akan mencegah darah meninggalkan otak depan, sentuhan ini akan menarik kembali darah ke otak depan dan meretrain respons stress otomatis dari tubuh.

Selamat mencoba & bila telah merasakan manfaatnya berikanlah tips ini kepada orang-orang disekitar kita agar lebih terasa dahsyat lagi manfaatnya🙂

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: