SEO tutorial bagi pemula

Di kantor saat ini lagi ada issue hangat mengenai SEO Expert buat mengisi kekurangan tenaga ahli pada divisi digital advertising. Yang menjadikan issue ini semakin hangat adalah ternyata mencari seorang SEO ini tidaklah mudah.

Bagi kita yang awam tentu banyak spekulasi dibelakang kesulitan mencarinya, bisa jadi karena seorang SEO adalah professional yang memang saat ini jumlahnya masih sedikit. Atau bisa jadi karena seorang SEO dengan maraknya internet marketing, maka mereka akan merasa lebih menikmati pekerjaan dengan sistem freelanch yang tidak terikat dengan jam kerja, secara Jakarta semakin hari semakin macet yang tidak karuan. Atau spekulasi terakhir yang agak norak tapi sering terjadi adalah karena tidak bisa mempertemukan antara kepentingan kebutuhan dengan tidak seimbangnya nilai yang akan didapatkannya dengan tingkat keahlianan sebagai professional, alias perusahaan yang tidak gaul dengan tingkat salary yang ada dipasaran :)) kasihan deh loe😛

Tapi apapun latar belakang permasalahan tersebut kali ini penulis juga merasa penasaran mengenai SEO yang lagi hangat ini🙂 Setelah googling kesana kemari ada beberapa website yang bisa dijadikan ‘perkenalan’ terhadap SEO dari awalan.

Jadi pada mulanya teknik SEO ini muncul dikarenakan kebanyakan dari designer dari website lebih banyak berfokus kepada tampilan dan kemudahan navigasi dari situsnya. Dan secara teknis tidak ada salahnya dengan kondisi ini, justru disinilah letak Maha Pemurah dari Allah swt sehingga ada sisi lain yang akan bisa dimaksimalkan oleh pihak lain. Sehingga rejeki bisa tercurahkan dengan adil dan merata🙂 Bila sebuah website sudah selesai dikembangkan & tampilannya pun telah nampak begitu cantik serta memakau yang tentunya sudah sesuai dengan kesepakatan antara web designer dengan pemilik situs, namun biasanya ada masalah lain yang muncul yaitu trafik yang tidak kunjung dengan harapan seperti di awal ide pembuatan situs tersebut dibuat. Maka disinilah peran dari seorang SEO untuk melakukan teknik marketing pada situs tersebut.

Apa yang bisa lakukan dengan SEO ?
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan kumpulan beberapa cara untuk memaksimalkan sebuah situs untuk mendapatkan trafik yang maksimal melalui fungsi mesin pencari di internet seperti Google, Yahoo, Bing dll). SEO secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 yaitu ‘off-page SEO (teknis SEO yang dikerjakan di luar teknis website) dan ‘on-page SEO’ (teknis SEO untuk mengupdate situs secara langsung untuk meningkatkan rangking sebuah situs terhadap mesin pencari). Bila ditanya mana yang lebih penting maka jawabnya adalah kedua teknik tersebut sama pentingnya karena saling menyempurnakan.

SEO tidak sama dengan cara memesan/membayar kepada pihak mesin pencari untuk mendapatkan ranking #1 karena hal ini lebih dikenal dengan SEM (Search Engine Marketing) dan bagian ini tidak termasuk yang akan dibahas dalam artikel ini.

Siapa yang membutuhkan SEO ?
Jika sebuah website telah mendapatkan rangking pada urutan #10 atau bisa jadi pada ranking yang lebih rendah pada mesin pencari Google, kemudian pemiliknya menginginkan untuk mendapatkan ranking pada urutan #1 maka keputusan untuk memanfaatkan SEO adalah hal yang tepat🙂 mengapa SEO selalu berhubungan dengan mesin pencari internet ? Jawabannya adalah karena kian hari peranan mesin pencari internet semisal Google semakin populer dan mempunyai posisi tersendiri terutama dalam memberikan penilaian terhadap ranking sebuah website. Sehingga pantaslah banyak pemilik situs semakin menginginkan situs mereka terpampang dalam urutan teratas dalam situs mesin pencari. Sementara sampai disini pembahasan awal mengenai SEO, insyaAllah akan kita lanjutkan lagi untuk yang lebih detail🙂

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: