Keyword research (Kata kunci pencarian)

Sebelum memulai proses optimazing pada website terhadap mesin pencari internet, langkah awal yang musti difahami adalah kata kunci apa yang akan menjadi target dalam pencarian. Idealnya kata kunci memuat 3 sampai 4 kata untuk bisa mendapatkan ranking yang baik pada mesin pencari internet. Dengan kata kunci yang telah kita definisikan tersebut akan memudahkan langkah selanjutnya dalam menentukan target pencapaian untuk bisa masuk ke dalam 10 besar dalam hasil pencarian oleh Google. Mengapa disini mengacu kepada Google karena bila telah mendapatkan ranking terbaik dalam Google maka dalam mesin pencarian yang lain juga akan mendapatkan rangking yang bagus.

Kata kunci yang dipakai bisa merupakan istilah umum maupun yang khusus yang menggambarkan website kita, keduanya memiliki kelemahan dan kekurangan masing-masing. Untuk memudahkan & membedakan istilah umum dan khusus adalah sebagaimana umum = ‘sepatu’ sedangkan khusus = ‘adidas’, mudah bukan😛
Dengan menggunakan kata kunci yang umum, biasanya efeknya agak sulit mendapatkan ranking yang bagus tapi akan lebih bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang terutama bila produk pada website kita tidak mempunyai pesaing yang ketat. Namun disisi lain dengan menggunakan kata kunci yg khusus/spesifik akan memudahkan kita mendapatkan rangking yang bagus terhadap mesin pencari seperti google serta bisa mendatangkan trafik yang besar dengan segmen yang khusus pula.

Pada intinya, strategi untuk meng-optimize adalah dengan menggunakan kata kunci yang jumlahnya tidak lebih dari 2 atau 3 kata per halaman. Kebiasaan buruk bagi pemula biasa menggunakan banyak kata – hampir lebih dari 100 kata dalam satu halaman dengan harapan bahwa semua kata kunci tersebut akan diterima oleh mesin pencari. Cara seperti ini sudah tidak bisa lagi kecuali 10 tahun yang lalu he..he…algoritma dari mesin pencari saat ini lebih kompleks dan tidak mudah ditipu oleh cara-cara usang tersebut😀 Oleh karena itu lebih baik memulai dengan yang simple 2 atau 3 kata kemudian berusaha untuk konsisten dengan kata kunci yang telah dipilih tersebut.

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: