PageRank, apa dan buat apaan ?

Apa sih pagerank itu ?
Awal mula kata pagerank muncul adalah pada saat google melakukan metode pengurutan dari seluruh situs yang telah terindeks dalam database mesin pencarinya. Dulunya, istilah pagerank tidaklah terkenal seperti saat ini, secara waktu awal-awal tersebut Google-pun juga belum terkenal😛
Pada awal tahun-tahun tersebut, Google melakukan ranking berdasar pada isi situs & meta tags dari masing-masing halamanya. Namun, algoritma pagerank dari Google telah berkembang pesat dan berbeda jauh dari awalnya dikembangkan. Saat ini, pagerank lebih mengacu kepada ‘a site’s authority’

Untuk memudahkan ilustrasi mengenai pagerank, sebagai contoh Google telah memilih beberapa site besar seperti cnn.com, dmoz.org & espn.com. Situs-situs tersebut telah resmi menjadi situs yang memiliki authority tertinggi atau dengan kata lain memiliki pagerank 10. Sehingga bila situs besar tersebut melakukan ‘link’ kepada situs lain yang bisa jadi merupakan situs kecil & baru maka dia akan mendapatkan porsi ‘authority’ yang cukup bagus dari situs besar tersebut, sehingga situs baru tersebut akan mendapatkan pagerank dari Google sebagai situs dengan pagerank dibawah situs besar tersebut dan demikian seterusnya hingga akhirnya pagerank yang didapatkan oleh situs selanjutnya adalah lebih kecil dari situs sebelumnya. Demikianlah analogi sederhana mengenai pagerank yang biasanya mempunyai nilai 0 hingga 10. 0/nol merupakan nilai terendah yang biasanya didapat oleh situs-situs kecil/baru. Sedangkan pagerank 10/sepuluh merupakan authority tertinggi dan hanya dimiliki oleh situs-situs besar seperti halnya facebook dan tiga situs besar diatas.

Untuk mengetahui berapa posisi situs kita pada nilai pagerank Google dapat kita cek secara online, salah satunya menggunakan situs http://www.prchecker.info atau bisa juga dengan menginstall plugin Quirk Search Status

Siapa saja sih yang menggunakan pagerank ?
Dulunya hanya Google saja yang menggunakann pagerank sebagai nilai pendekatan untuk tingkat akurasi dari hasil pencarian. Belakangan banyak mesin pencari internet mengikuti jejak Google namun dengan versi algoritma mereka sendiri. Namun pada kenyataannya ada pula yang mempunyai cara pandang lain, daripada ribet dengan algoritma lebih baik melakukan kerjasama dengan Google sehingga bisa berfokus pada bisnisnya sendiri dan Yahoo akhirnya memilih strategi ini.
HIngga akhirnya pada dekade sekarang ini, pagerank Google menjadi hal yang sangat penting terutama untuk menilai rangking dari sebuah situs.

Seberapa pentingkah sebuah nilai pagerank ?
Secara pagerank menentukan nilai akurasi dari hasil pencarian serta setelah komunitas SEO juga menggunakan pagerank sebagai penilaian standart dari ranking sebuah situ maka istilah pagerank semakin menjadi boombastis. Dari sisi Google sendiri semakin hari semakin menyempurnakan dalam memberikan nilai pagerank dari sebuah situs. Setidaknya dalam 3 bulan sekali Google melakukan update dalam penilaian pagerank. Hingga hal ini menjadi pergulatan tersendiri antara Google & alhi SEO sampai saat ini.

Bagaimana cara menaikkan pagerank dari situs kita ?
Sampai saat ini, satu-satunya cara untuk meningkatkan pagerank adalah mendapatkan link dari situs yang telah mendapatkan pagerank yang lebih bagus dari situs kita. Sehingga bila pagerank kita masih 0 dan walaupun kita mendapatkan berjuta-juta link dari situs lain yang juga mempunyai pagerank 0 maka hal ini tidak akan menaikkan pagerank situs kita. Tapi bila situs kita mendapatkan satu link dari situs yang mempunyai pagerank 6 maka akan dengan mudah kita untuk mendapatkan pagerank dengan nilai 5. Tapi dengan catatan situs dengan pagerank 6 tadi haruslah situs yang telah mendapatkan authority dari Google dan tidak melakukan link massal dengan jumlah besar ke situs lain. Hal ini dikarenakan Google akan curiga bahwa situs tersebut melakukan jual beli link yang teridentifikasikan sebagai link yang bukan alami.

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

4 comments

  1. wah untuk mendapatkan blog dengan PR yang tinggi ini yang susah dicari gan
    terima kaish banyak atas ulasannya, sangat membantu..

  2. lebih bagus lagi kalau pagerank tinggi, domain authority tinggi, trafik blog juga tinggi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: