Ketaqwaan & kemakmuran

Berikut merupakan kutipan dari tulisan Ust. M Iqbal mengenai rezki kemakmuran & ketaqwaan hamba-Nya.

Semoga termasuk salah satu langkah-langkah kecil itu adalah ‘kiasan’  yang saya ungkapkan sebagai ‘buah ciplukan sebesar terong’ dalam tulisan sebelumnya. Setelah tulisan tersebut saya muat, saya mendapatkan masukan dari ustadz saya, bahwa itu mestinya bukan hanya kiasan – itu bisa benar-benar terjadi bila syaratnya terpenuhi.

Lantas beliau mengungkapkan sebuah riwayat dari Auf bin Abi Quhdam, dia berkata : “Dijumpai di jaman Ziyad atau Ibnu Ziyad suatu lubang yang didalamnya ada biji gandum sebesar bawang. Padanya tertulis ‘ini tumbuh di jaman yang adil’” (Musnad Ahmad no 7936 dan tafsir Ibnu Katsir 3/436).

Kalau  dilihat perkalian ukurannya dari biji gandum menjadi sebesar bawang, maka kurang lebih juga memang memungkinkan kalau saat itu buah ciplukannya menjadi sebesar terong !. Syaratnya adalah – dia ditanam di jaman di mana manusia dan khususnya para pemimpinnya mampu dan mau berbuat adil, bukan hanya adil terhadap rakyat dan sesamanya tetapi juga adil terhadap alam dan seisinya.

Ketika masanya tiba, bumi dipenuhi keadilan dan kemakmuran entah seberapa jauhnya dari jaman ini, ketika langit tidak menahan setetes-pun airnya, ketika bumi tidak lagi menahan sedikit-pun tanamannya – kita semua tentu ingin ikut dicatat olehNya sebagai tentaraNya yang mematuhi perintahNya – antara lain dengan memulai langkah awal untuk menghadirkan kembalinya keadilan dan kemakmuran di bumi itu. Amin.

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: