Manfaat kopi

Anda membutuhkan asupan energi yang lebih banyak selama berolahraga, yang biasanya diperoleh dengan minum minuman berenergi. Tetapi kebanyakan minuman berenergi mengandung pemanis buatan yang berbahaya, belum lagi kandungan Taurin yang diduga membawa masalah bagi kesehatan. Cobalah beralih dengan minum kopi.

Kopi diketahui memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan dapat menyedikan energi ekstra jika diminum sebelum berolahraga. Berikut 5 alasan mengapa Anda perlu minum kopi sebelum berolahraga, seperti dilansir mensfitness, Minggu (13/1/2013) antara lain:

1. Mempercepat pembakaran lemak
Keuntungan terbesar minum kopi sebelum berolahraga adalah dapat mempercepat pembakaran lemak. Alasannya karena kopi yang dikonsumsi sebelum berolahraga dapat menyebabkan tubuh menggunakan sel-sel lemak sebagai sumber energi untuk melawan glikogen.

Kandungan kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Minum kopi sebelum latihan juga dapat menawarkan manfaat yang sama. Senyawa kafein dan lainnya yang terkandung dalam kopi dapat penekan nafsu makan, sehingga mencegah makan berlebihan.

2. Meningkatkan kinerja selama latihan
Beberapa studi telah menunjukkan hubungan antara asupan kafein sebelum berolahraga dengan peningkatan kinerja fisik. Sebuah laporan yang diterbitkan dalam Sports Medicine menyatakan bahwa kafein dapat memberikan bantuan ergogenic yang kuat dan menghasilkan energi yang lebih besar.

Studi lain yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Science menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi sebelum berjalan sejauh 1500 meter di atas treadmill mampu menyelesaikan lari selama 4,2 detik lebih cepat daripada kelompok kontrol yang tidak minum kopi sebelumnya.

3. Meningkatkan fokus
Seiring dengan peningkatan energi yang mendorong Anda melakukan latihan yang lebih keras, kopi juga dapat meningkatkan fokus mental. Sehingga Anda dapat menjalani hari dengan penuh konsentrasi dan hal ini dapat membantu menjaga latihan yang produktif dan efektif.

4. Mengurangi nyeri otot
Para peneliti di University of Illinois menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi sebelum berolahraga memiliki kemungkinan yang lebih rendah terhadap nyeri otot selama latihan daripada orang-orang yang tidak mendapat asupan kafein sebelumnya.

5. Mencegah penyakit
Keuntungan lain dari minum kopi adalah membantu melindungi tubuh dari penyakit. Kopi mengandung sejumlah antioksidan yang tinggi, yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menurut sebuah studi yang dilakukan tahun 2011 dan diterbitkan dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition, konsumsi kopi memiliki korelasi terbalik terhadap penyakit diabetes, Parkinson, penyakit Alzheimer, dan beberapa jenis kanker.

Manfaat makin berlipat ganda jika meminum Kopi Radix yang disinergikan dengan 7 Herba terpilih.

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: