Tribulasi dakwah – Asy Syahid Hasan Al Banna

Berikut adalah kajian yang disampaikan Asy Syahid pada saat beliau masih memimpin langsung jamaah Ikhwanul Muslimin, seakan Asy Syahid Hasan Al Banna telah memprediksi kejadian saat ini seperti dalam risalah beliau Bainal Amsi Wal Yaum, smg menjadi pelajaran bagi kita kembali..


Kebodohan umat tentang hakikat ajaran Islam akan menjadi kendala di jalan kalian.

Kalian akan mendapati sebagian ahli agama dan ulama ‘resmi’, merasa asing dengan pemahaman kalian terhadap Islam serta mengingkari jihad kalian dalam memperjuangkan pemahaman tersebut.

Para penguasa, pemimpin, dan orang-orang yang memiliki pengaruh serta kekuasaan, akan dengki kepada kalian.

Seluruh pemerintahan (rezim) secara bersama-sama akan menentang kalian.

Masing-masing pemerintahan (rezim) akan berusaha membatasi aktivitas kalian dan meletakkan berbagai kendala di sepanjang jalan kalian.

Tangan para perampas tidak akan henti-hentinya berupaya dengan segala macam cara untuk memberangus kalian dan memadamkan cahaya dakwah kalian.

Dalam mewujudkan upaya mereka, para perampas hak itu akan menggunakan pemerintahan-pemerintahan (rezim-rezim) yang lemah nan berakhlaq lemah.Juga mempergunakan tangan-tangan yang selalu menengadah (ngemis) kepada mereka, sementara terhadap kalian, tangan-tangan itu berbuat jahat dan memusuhi.

Mereka semua akan menebarkan debu-debu syubhat (keraguan) dan berbagai tuduhan keji terhadap dakwah kalian. 

Mereka akan berusaha mengkaitkan setiap kekurangan dengan dakwah kalian dan mempublikasikannya kepada masyarakat dengan seburuk-buruk gambaran.

Semua ini mereka lakukan dengan mengandalkan kekuatan dan kekuasaan mereka.Juga mengandalkan harta (kekayaan), pengaruh (loby) dan media mereka.

“Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut-mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang kafir tidak menyukai.”
(At-Taubah: 32).

Dengan demikian, tidak diragukan lagi, kalian akan memasuki era tajribah (test case, masa uji) dan imtihan (tribulasi) :
(1)kalian akan dipenjara,
(2)dibunuh,
(3)ditahan,
(4)diusir,
(5)harta kekayaan kalian dirampas,
(6)kerja-kerja kalian dinegasikan (dianggap tidak ada),
(7)rumah-rumah kalian akan digeledah serta diawasi.

Bisa jadi masa tribulasi ini mungkin saja akan berlangsung lama.

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, ‘Kami telah beriman,’ sedang mereka tidak diuji lagi?”
(AI Ankabut: 2).

“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari adzab yang pedih?
(Ash-Shaff: 10)

(Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya.
(Ash-Shaff: 11)

Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah keberuntungan yang besar.
(Ash-Shaff: 12)

Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman.
(Ash-Shaff: 13)

Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong-penolong (agama) Allah sebagaimana Isa putera Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia, ‘Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?’
Pengikut-pengikut yang setia itu berkata, ‘Kamilah penolong-penolong agama Allah,’ lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan (yang lain) kafir, maka kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, lalu mereka menjadi orang-orang yang menang.”
(Ash-Shaff: 14).

Apakah kalian masih bersikeras untuk menjadi penolong-penolong (agama) Allah?

(Risalah Bainal Amsi Wal Yaum)

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: