Belajar Pada Uwais

Hari ini kita harus belajar pada Uwais Al-Qorni (w 657 M). Belajar untuk tetap yakin bahwa Allah pasti akan membalas sekecil apapun kebaikan kita meski sepi dari apresiasi manusia. Sosok sejarah ini teramat Agung di mata Allah dan Rasul-Nya. Dan, Nabi menyebutnya sebagai seorang yang sangat terkenal di langit meski tidak di kenal di bumi.
Uwais, pemuda asal Qaran, Yaman, hari itu berpamitan kpd Ibunya utk pergi ke Pasar Ternak. Ibunya yg sdh sepuh dan lumpuh memberinya restu, disalah satu sudut pasar, pemuda bersuku Murad ini membeli lembu atau kerbau yg msh kecil. Setelah deal harga, lelaki berwajah belang krn penyakit sopak ini membawanya pulang dgn memanggulnya.
Hari-hari Uwais yg dikenal sebagai penggembala kambing kini dilaluinya dgn aktivitas yg “aneh”. Setiap pagi dan sore, Uwais menggendong lembunya dari rumah menuju bukit yg ia buatkan kandang di atasnya. Jelas saja aktivitas “nyeleneh” ini hanya menambah daftar cemoohan orang kepadanya. Begitulah kini Hari-hari seorang Uwais; memanggul lembu dari rumah ke bukit.
Rupanya ini jawabannya, ia membeli lembu kecil dan memanggulnya setiap hari dlm rangka melatih fisiknya supaya terbiasa dan kuat saat bulan haji tiba. Dan, di pagi itu Uwais merapat kpd sang bunda. “Ibu, mari kita berangkat Haji!”
Dengan apa, Nak? Mana ada bekal utk kesana?” Sahut sang Ibu dgn raut kaget.
“Mari Bu, saya gendong Ibu. Perbekalan kita Insya Allah cukup.” Ujar Uwais meyakinkan sang Ibu. Sang Ibu hanya bisa berurai air mata. Dan, pagi itu Uwais sang anak sholeh ini menyaruk kaki, melintasi sahara panas dengan mengendong sang Ibu tercinta. Berminggu-minggu ia lewati perjalanan mission impossible sejauh 600 km ini dengan penuh ikhlas dan sabar. Sampai akhirnya Kabah pun sudah berada persis di depan matanya. Mereka berdua pun akhirnya berhaji, Menyempurnakan keberislaman mereka.
Allahu Akbar. Sungguh setiap langkah Uwais telah menggetarkan langit. Pantaslah para malaikat terkesima dan membalas tasbih tak henti. Bakti yg luar biasa dan amal kebaikan yg tak bertepi dari Uwais mengangkat dirinya sbg sosok yg sangat terkenal di seantero langit. Umar bin Khottob dan Ali bin Abi Thalib pernah diminta Rasulullah utk memintakan do’a kepada Uwais Al-Qorni. Karena doanya tdk berpenghalang dan pasti diijabah. Bagaimana dengan kita? Siapkan belajar kepadanya?; Insya Allah.

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: