Banyak jalan menuju kebaikan

BANYAK JALAN MENUJU KEBAIKAN. …
أالسلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Jabir ra berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, :
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا إِلاَّ كَانَ مَا أَكِلَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةً وَمَا سُرِقَ مِنْهُ صَدَقَةً وَلاَ يَرْزَءَوهُ أَحَدٌ إلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةً .
“ tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman , melainkan apa yg dimakan adalah shadaqah, dan apa yg diambil seseorang adalah shadaqah. ( hr Muslim ).
Didalam Hadist yg lain disebutkan, “ Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman, lalu dimakan manusia, binatang dan burung melainkan menjadi shadaqoh baginya sampai hari kiamat”. Didalam riwayat Muslim yang lain disebutkan, “ Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman atau tumbuhan, lalau dimakan manusia, binatang atau lainnya, kecuali menjadi shadaqoh baginya.
(y):) . Dalam Hadist diatas kita dianjurkan untuk melakukan hal hal yang bermanfaat buat orang lain. Menanam pohon merupakan perbuatan yang terpuji. Pahalanya tidak terputus, meski kita telah meninggal pahalanya tidak terputus. Disamping itu Hadist tsb. menjelaskan kepada kita bahwa bila harta kita ( buah pohon tsb. ) hilang atau diambil orang jika kita hadapi dengan sabar, ikhlas, maka Allah akan memberi reward/pahala atas keihklasan dan kesabaran kita. Allahu’alam

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: