Tidak berlebihan dalam melakukan ketaatan

أالسلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Rasulullah mempersaudarakan dua orang shabat, Abu darda dan Salman. Suatu ketika Salman berkunjung kerumah saudaranya Abu Darda, ia melihat Ummu Darda (istri Abu Darda) dalam keadaan lusuh, Salman bertanya,” Ada apa gerangan dengan mu ?”. Ummu Darda menjawab, “.Saudaramu Abu Darda tidak berhasrat lagi dengan dunia”.
Abu Darda lalu datang dan membuatkan makanan untuk Salman dan berkata” Makanlah , aku sedang berpuasa”. Salman menjawab, “ Aku tidak akan makan kecuali kau ikut makan”. Maka Abu Darda pun membatalkan puasanya dan makan bersama Salman.
Ketika malam tiba Abu Darda akan pergi untuk melakukan Shalat Tahajud. Salman berkata kepadanya,”Tidurlah”. Maka Salman pun tidur. Kemudian ketika ia akan pergi lagi untuk shalat Tahajud. Salman berkata, “Tidurlah”.
Ketika ahir malam telah tiba, Salman berkata, “ Sekarang bangunlah”. Lalu mereka melakukan Shalat Malam bersama. Setelah shalat Salman berkata :
إِنَّ لِرَبِّكَ عَلَيْكَ حَقَّ وَ إِنَّ لِنَفْسِكَ عَلَيْكَ حَقَّ , وَلِأَهْلِكَ عَلَيْكَ حَقَّ, فَأَعْطِ كُلَّ ذِى حَقٍّ حَقَّهُ.
“ Sesungguhnya Tuhanmu mempnyai hak yang harus kamu penuhi, tubuhmu mempunyai hak yang harus kamu penuhi, dan keluargamu mempunyai hak yang harus kamu penuhi. Karena itu penuhilah hak mereka masing masing”. Lalu Abu Darda menemui Rasulullah saw mengadukan semua itu . Nabi menjawab, “ apa yang dikatakan Salman itu benar” ( Hr Bukhori ).
Ikhwanii wa akhwatii fillah. Dari hadist yang mulia diatas ada beberapa pelajaran yang kita dapatkan: (1).Kita diperintahkan untuk menjalin ukhuwah Islamiyah,mengunjungi teman .
2).Kita diperintahkan untuk saling menasihati. 3).Shalat malam memiliki keutamaan yang besar, waktunya adalah sebelum subuh.
4). Seorang istri mempunyai hak yang harus dipenuhi oleh seorang suaminya. (5).Diperbolehkan membatalkan shiyam sunnah. 6).Diperbolahkan seseorang meninggalkan perbuatan sunnah, ketika perbuatan sunnah tsb. mengabaikan kewajibannya.

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: