Pernikahan sang syuhada

Ada salah seorang sahabat menghampiri Rosulullah SAW dan menyampaikan ke inginan nya untuk menikah.
Lantas Rosulullah bertanya “apa yg kamu miliki wahai hamba Allah yg baik?”
Pemuda ini pun menjawab ” saya tak memiliki apa2 lagi ya Rosulullah SAW kecuali apa yg saya kenakan saat ini”

Maka Rosulullah memanggil salah seorang saudagar besar muslim dan berkata ” nikahkanlah putri mu dg pemuda ini”
Lantas sang saudagar sedikit terkejut dan menjawab ” kalau ini perintah dari engkau ya Rasulullah tentu saya taati, tp saya akan bertanya dahulu dg putri saya”
Lantas pemuda yg ingin menikah tadi merasa malu dan tak pantas menjadi bagian keluarga sang saudagar.
Mata nya tak kuat menahan air mata akan keputusan Rosulullah ini.

Tiba-tiba dia berkata kembali sambil berlinang air mata
“ya Rosulullah, saya tak sanggup untuk menikah, saya tak ingin menikah, saya tak punya apa-apa ya Rosulullah.. Saya maluu..”

Dg rasa simpati dan kasih sayang, Rosulullah menguatkan sang pemuda dan meminta untuk menunggu dulu keputusan sang putri.

Disisi lain,,,,
Sang saudagar menghampiri putrinya dan mulai berhati-hati dlam bertanya agar tdk menyinggung perasaan sang putri..
“Wahai anak ku, Rosulullah meminta mu untuk dapat menikah dg salah seorang pemuda,
tetapi… Pemuda ini tak memiliki apa pun melainkan pakaian yg di kenakan nya”
Sang putri menjawab dg
“Ayah ku, seandai nya itu benar perintah dari rosul, maka laksanakanlah.”
Sang ayah meyakinkan
“Kamu yakin anak ku”
Lalu putri itu menjawab kembali
“aku yakin ada hikmah besar dibalik perintah rosul pada kita ayah ku”

Sblum diadakan nya akad, rosulullah SAW menyanyakan mahar apa yg akan diberikan sang pemuda pada putri saudagar.
Pemuda ini menjawab “maaf kan aku wahai Rosul Allah, tak ada satu pun yg dapat kuberikan”
Rosul SAW bertanya lgi “berikanlah walau itu cincin yg terbuat dri besi”
Pemuda ini semakin terguncang batin nya dan menjawab terbata-bata “hingga cincin besi aku tak memiliki nya wahai rosul”
Seketika itu Rosulullah SAW menumpulkan para sahabat dan meminta untuk segera dikumpulkannya harta kaum muslimin agar dapat membantu pemuda ini.

Setelah terkumpul nya harta kaum muslimin, rosulullah berkata, “pakailah harta ini dan belilah apa yg kamu butuhkan untuk pernikahan mu”
Melihat kejadian ini, tak tertahankan batin sang pemuda untuk menahan tangis.

pemuda ini pergi ke menuju pasar dan kelihatan bingung krn dia tak tau harus membeli apa,,
tapi tiba2 terdengar seruan jihad di tengah2 pasar,,
Serta merta dipakailah uang itu untuk membeli perlengkapan perang,,

Bebrapa hari tak ada kabar mengenai sang pemuda, ini membuat sang putri gundah dan mencari berita akan keberadaan calon suaminya.
Alangkah terkejut ketika sang putri mengetahui ternyata pemuda itu ikut dalam rombongan jihad dan syahid dimedan perang.

Mata sang putri tak kunjung berhenti dg tetesan airmata. Lalu sang ayah bertanya “putri ku, sudahilah tangisan mu, ini smua telah terjadi maka sabar lah..”
Sang putri menjawab dg terisak-isak “ayah, dulu dia malu untuk menemuiku krn aku adalah anak seorang saudagar, tp skrg aku sungguh malu menemui nya di akhirat kelak krn dia seorang syuhada”

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

