Kemuliaan hidup

Renungan buat kita semua🙂

Suatu hari, seorang profesor diundang utk ceramah di sebuah basis militer. Di sana ia berjumpa dengan seorang yg tak mungkin ia lupakan, yaitu Ralph yg diberi tugas menjemputnya di bandara.

Ketika berada di bandara Ralph sering menghilang. Ada saja yg dilalukannya. Ia membantu seorang wanita tua yg kopernya jatuh dan terbuka. Ia juga membantu 2 anak kecil yg kesulitan mengambil minuman dr mesin penjual minuman. Ia jg menolong org yg tersesat dgn menunjukkan arah yg benar. Namun ia selalu kembali ke sisi sang Professor dgn senyum yg lebar.

Waktu di dalam mobil mereka ngobrol: “Dari mana Anda belajar melakukan semuanya ini?” Tanya sang Prof.
“Melakukan apa?” Ralph balik bertanya.
“Dari mana anda belajar bersikap seperti ini?” Desak sang Prof.
“Ooh, yaa…” kata Ralph “Saya rasa, perang telah mengajari saya banyak hal”
Lalu ia bercerita sewaktu ditugaskan di Vietnam. Ia dan timnya bertugas membersihkan ladang ranjau.
Disaat tugas itu, ia hrs menyaksikan satu persatu teman2nya tewas terkena ledakan ranjau.

“Saya belajar untuk hidup di antara pijakan setiap langkah” kata Ralph.
“Tegang disetiap langkah, saya tdk tahu, apakah langkah berikutnya adalah pijakan terakhir bagi saya.”
“Yang sanggup saya lakukan tatkala mengangkat kaki dengan aman adalah mensyukuri langkah saya sebelumnya.”
“Saya rasa sejak itulah, saya menjalani kehidupan seperti ini. Setiap langkah yg saya ayunkan merupakan sebuah dunia baru, anugerah baru, dan kesempatan baru.”

Hikmahnya…
KEMULIAAN HIDUP, tdk ditentukan oleh berapa lama kita hidup, tapi sejauh mana kita menjalani kehidupan yg bermakna bagi org lain.
NILAI MANUSIA, tdk ditentukan bagaimana cara ia mati, tapi bagaimana cara ia hidup.
KEKAYAAN MANUSIA, bukan apa yg ia telah peroleh, tapi apa yg ia telah bagikan.
Selamat menikmati setiap langkah hidup Anda… Ingat, setiap langkah, setiap kesempatan, adalah ANUGERAH.

About hachmadi

sharing apa yang bisa kita berikan dan pelajari dari kelebihan orang lain untuk perbaikan diri.

Leave a Reply

